TRANSLATE

TRANSLATE
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Sabtu, 12 Februari 2011

DATA LINK LAYER

Data Link Layer adalah lapisan protokol yang mentransfer data antara node jaringan yang berdekatan di jaringan area luas atau antara node pada segmen jaringan yang sama area lokal [1]. Data Link Layer menyediakan sarana fungsional dan prosedural untuk mentransfer data antara entitas jaringan dan mungkin menyediakan cara untuk mendeteksi dan mungkin memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi pada Layer Fisik. Contoh protokol data link adalah Ethernet untuk jaringan area lokal (multi-node), Protokol Point-to-Point (PPP), HDLC dan ADCCP untuk point-to-point (dual-node) sambungan.
Data Link Layer berkaitan dengan pengiriman lokal dari frame antara perangkat di dalam LAN yang sama. frame Data Link, sebagai unit data protokol ini disebut, tidak melewati batas-batas jaringan lokal. Inter-network routing dan pengalamatan global adalah fungsi lapisan yang lebih tinggi, yang memungkinkan protokol Data Link untuk fokus pada pengiriman lokal, pengalamatan, dan arbitrase media. Dengan cara ini, lapisan Data Link analog dengan polisi lalu lintas lingkungan, tetapi berusaha untuk menjadi penengah antara pihak yang bersaing untuk akses ke media.
Bila perangkat sedang mencoba untuk menggunakan secara bersamaan, tabrakan bingkai terjadi. protokol Data Link menentukan bagaimana perangkat mendeteksi dan pulih dari tabrakan tersebut, dan dapat menyediakan mekanisme untuk mengurangi atau mencegah mereka.
Pengiriman frame oleh lapisan 2 perangkat dipengaruhi melalui penggunaan alamat hardware tidak ambigu. header Bingkai mengandung alamat sumber dan tujuan yang menunjukkan perangkat yang berasal frame dan mana perangkat diharapkan dapat menerima dan memproses itu. Berbeda dengan alamat hirarkis dan routable dari lapisan jaringan, lapisan 2 alamat yang datar, yang berarti bahwa tidak ada bagian dari alamat yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelompok logis atau fisik ke alamat yang dimiliki.
Data link dengan demikian menyediakan transfer data di link fisik. transfer Itu bisa diandalkan atau tidak dapat diandalkan; banyak data link protokol tidak memiliki pengakuan penerimaan frame sukses dan penerimaan, dan beberapa protokol data link mungkin tidak memiliki bentuk checksum untuk memeriksa kesalahan transmisi. Dalam kasus-kasus, lebih tinggi tingkat protokol harus memberikan kontrol aliran, memeriksa kesalahan, dan ucapan terima kasih dan retransmission.
Dalam beberapa jaringan, seperti IEEE 802 jaringan area lokal, Data Link Layer dijelaskan secara lebih rinci dengan Media Access Control (MAC) dan Logical Link Control (LLC) sublayers, ini berarti bahwa protokol IEEE 802.2 LLC dapat digunakan dengan semua dari lapisan MAC IEEE 802, seperti Ethernet, token ring, IEEE 802.11, dll, serta dengan beberapa-802 non lapisan MAC seperti FDDI. Lainnya Data Link Layer protokol, seperti HDLC, yang ditentukan untuk mencakup sublayers, meskipun beberapa protokol lain, seperti Cisco HDLC, gunakan framing tingkat rendah HDLC sebagai lapisan MAC dalam kombinasi dengan lapisan LLC berbeda. Dalam ITU-T G.hn standar, yang menyediakan cara untuk menciptakan kecepatan-tinggi (sampai dengan 1 Gigabit / s) jaringan area lokal menggunakan kabel rumah yang ada (saluran listrik, saluran telepon dan kabel koaksial), Data Link Layer dibagi menjadi tiga lapisan sub (Application Protocol Konvergensi, Logical Link Control dan Menengah Access Control).
Dalam semantik arsitektur jaringan OSI, Data Link Layer protokol menanggapi permintaan dari layanan Network Layer dan mereka menjalankan fungsi mereka dengan mengeluarkan permintaan layanan ke Layer Fisik.


Model komunikasi komunikasi Connection-oriented Artikel utama: Connection-oriented komunikasi tanpa koneksi Artikel utama: mode transmisi tanpa koneksi   
Sublayers dari Data Link Layer sublayer Logical Link Control
Sublayer menonjol adalah Logical Link Control (LLC). multiplexes sublayer ini berjalan di atas protokol Data Link Layer, dan secara opsional menyediakan kontrol aliran, pengakuan, dan pemberitahuan kesalahan. LLC menyediakan pengalamatan dan kontrol data link. Ini menentukan mekanisme mana yang akan digunakan untuk mengatasi stasiun melalui media transmisi dan untuk mengontrol pertukaran data antara mesin originator dan penerima.  

Media Access Control sublayer
Sublayer bawah ini adalah Media Access Control (MAC). Kadang-kadang ini mengacu pada sublayer yang menentukan siapa yang dibolehkan untuk mengakses media pada satu waktu (biasanya CSMA / CD). Lain kali ini mengacu pada struktur rangka dengan alamat MAC di dalamnya.
Pada umumnya ada dua bentuk kontrol akses media: terdistribusi dan terpusat. Kedua dapat dibandingkan dengan komunikasi antara orang-orang. Dalam sebuah jaringan terdiri dari orang yang berbicara, yaitu percakapan, kita mencari petunjuk dari pembicara sesama kita untuk melihat apakah ada di antara mereka tampaknya akan berbicara. Jika dua orang berbicara pada saat yang sama, mereka akan mundur dan memulai permainan yang panjang dan rumit untuk mengatakan "tidak, Anda pertama".
Media Access Control juga Sublayer menentukan mana satu frame dari ujung data dan yang berikutnya dimulai dengan - sinkronisasi frame. Ada empat cara sinkronisasi frame: time based, menghitung karakter, dan isian isian byte bit.

    
* Pendekatan berdasarkan waktu hanya menempatkan jumlah tertentu waktu antara frame. Kelemahan utama dari ini adalah bahwa kesenjangan baru dapat diperkenalkan atau kesenjangan tua bisa hilang karena pengaruh eksternal.
    
* Menghitung Karakter hanya mencatat jumlah karakter tersisa dalam header frame. Metode ini, bagaimanapun, adalah mudah terganggu jika bidang ini akan rusak dalam beberapa cara, sehingga membuat sulit untuk menjaga sinkronisasi.
    
* Byte isian mendahului frame dengan urutan byte khusus seperti DLE STX dan berhasil dengan DLE ETX. Penampilan dari DLE (0x10 nilai byte) harus melarikan diri dengan DLE lain. Tanda mulai dan berhenti yang terdeteksi pada penerima dan dihapus serta karakter DLE dimasukkan.
    
* Demikian pula, sedikit menjejalkan menggantikan tanda-tanda awal dan akhir dengan bendera yang terdiri dari pola bit khusus (misalnya 0, enam 1 bit dan 0). Kemunculan ini pola bit dalam data yang akan ditransmisikan dihindari dengan memasukkan sedikit. Untuk menggunakan contoh di mana bendera adalah 01111110, seorang 0 dimasukkan setelah 5 1 berturut-turut dalam data stream. Bendera dan 0 dimasukkan adalah dikeluarkan pada akhir penerima. Hal ini membuat frame lama sewenang-wenang dan sinkronisasi mudah bagi penerima. Catatan bahwa ini boneka bit ditambahkan bahkan jika bit data berikut adalah 0, yang tidak bisa salah untuk urutan sinkronisasi, sehingga penerima jelas dapat membedakan boneka bit dari bit normal.
Daftar layanan Data Link Layer

    
* Enkapsulasi lapisan jaringan paket data ke dalam frame
    
* Frame sinkronisasi
    
* Logical link control (LLC) sublayer:
          
o Kesalahan kontrol (mengulangi permintaan otomatis, ARQ), selain ARQ disediakan oleh beberapa protokol lapisan Transport, untuk meneruskan koreksi kesalahan (FEC) teknik yang diberikan pada Layer Fisik, dan kesalahan-deteksi dan membatalkan paket yang disediakan di semua lapisan, termasuk lapisan jaringan. Data link layer error control (retransmission yaitu paket yang keliru) disediakan dalam jaringan nirkabel dan modem telepon V.42 jaringan, tapi tidak di LAN protokol seperti Ethernet, karena kesalahan bit sangat jarang terjadi di kabel pendek. Dalam hal ini, hanya deteksi error dan membatalkan paket yang keliru disediakan.
          
Flow control o, selain yang disediakan pada lapisan Transport. Data link layer error control tidak digunakan dalam LAN protokol seperti Ethernet, tetapi dalam modem dan jaringan nirkabel.

    
* Media akses kontrol (MAC) sublayer:
          
o Multiple akses protokol untuk kontrol saluran-akses, misalnya / CD CSMA protokol untuk deteksi tabrakan dan retransmission dalam jaringan bus Ethernet dan jaringan hub, atau CSMA / CA protokol untuk menghindari tabrakan dalam jaringan nirkabel.
          
o Fisik menangani (MAC alamat)
          
o LAN switching (packet switching) termasuk MAC filtering dan mencakup protokol pohon
          
o Data paket atau penjadwalan antrian
          
o Store-and-forward switching atau cut-through switching
          
o Quality of Service (QoS) kontrol
          
o Virtual LAN (VLAN)
contoh Protokol

    
* ARP
    
* ARCNet
    
* ATM
    
* Cisco Discovery Protocol (CDP)
    
* Controller Area Network (CAN)
    
* Econet
    
* Ethernet
    
* Perlindungan Ethernet Switching Otomatis (PBK)
    
* Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
    
* Frame Relay
    
* High-Level Data Link Control (HDLC)
    
* IEEE 802.2 (LLC untuk menyediakan fungsi IEEE 802 lapisan MAC)
    
* IEEE 802.11 wireless LAN
    
* Link Akses Prosedur, D channel (LAPD)
    
* LocalTalk
    
* Multiprotocol Label Switching (MPLS)
    
* Point-to-Point Protocol (PPP)
    
* Serial Line Internet Protocol (SLIP) (usang)
    
* Pohon merentang protokol
    
* StarLan
    
* Token ring
    
* Deteksi Link Searah (UDLD)
    
* Dan kebanyakan bentuk komunikasi serial.
 
 

Antarmuka
Data Link Layer sering diimplementasikan dalam perangkat lunak sebagai "driver kartu jaringan". Sistem operasi akan memiliki antarmuka perangkat lunak didefinisikan antara data link dan jaringan transportasi stack di atas. Antarmuka ini bukan lapisan itu sendiri, melainkan sebuah definisi untuk antarmuka antara lapisan.  Hubungan ke TCP / IP model
Dalam rangka model TCP / IP (Internet Protocol Suite), OSI Data Link Layer, di samping komponen lainnya, terdapat dalam TCP / IP 'lapisan terbawah, Link Layer. Protokol Internet Link Layer hanya kekhawatiran sendiri dengan masalah hardware ke titik mendapatkan alamat perangkat keras untuk menemukan host pada link jaringan fisik dan transmisi frame data pada link. Dengan demikian, Layer Link lebih luas dalam lingkup dan mencakup semua metode yang mempengaruhi link lokal, yang merupakan kelompok koneksi yang terbatas pada lingkup untuk node lain di jaringan akses lokal.
TCP / IP model bukan / top down referensi desain yang komprehensif untuk jaringan. Hal itu dirumuskan untuk tujuan menggambarkan kelompok logis dan cakupan fungsi yang dibutuhkan dalam desain suite internetworking protokol TCP / IP, seperti yang diperlukan untuk operasi Internet. Dalam perbandingan umum, langsung atau ketat OSI dan TCP / IP model harus dihindari, karena layering di TCP / IP tidak suatu kriteria desain utama dan pada umumnya dianggap "membahayakan" (RFC 3439). Secara khusus, TCP / IP tidak menentukan urutan hirarkis ketat persyaratan enkapsulasi, seperti yang dikaitkan dengan protokol OSI.

    
* ODI
    
* NDIS
    
* SANA-II - Standar Amiga Jaringan Arsitektur, versi 2
    
* S. Tanenbaum, Andrew (2005). Jaringan Komputer (Edisi 4th ed.). 482, FIE, Patparganj, Delhi 110 092: Dorling Kindersley (India) Pvt. Ltd, lisensi dari Pearson Pendidikan di Asia Selatan. ISBN 81-7758-165-1.
 

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Data_Link_Layer 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar